POLA KOMUNIKASI REMAJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA DI KOTA BOGOR

Authors

  • NFN Firdanianty Dept. Ilmu Keluarga dan Konsumen, FEMA-IPB
  • Djuara P. Lubis Dept. Komunikasi Pembangunan, FEMA-IPB
  • Herien Puspitawati Dept. Ilmu Keluarga dan Konsumen, FEMA-IPB
  • Djoko Susanto Dept. Komunikasi Pembangunan, FEMA-IPB

DOI:

https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i1.34

Keywords:

remaja, pola komunikasi, kecerdasan emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola komunikasi remaja dengan keluarga, sekolah, dan teman sebaya terhadap kecerdasan emosional siswa SMA di kota Bogor. Penelitian dilakukan dengan metode survei dan dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM). Responden adalah siswa kelas 2 SMA jurusan IPA dan IPS dari 6 SMA. Jumlah responden 372 orang, terdiri dari 206 siswa perempuan dan 166 siswa laki-laki berusia 15-18 tahun. Pola komunikasi dalam penelitian ini meliputi 5 dimensi, yaitu topik pembicaraan, durasi pembicaraan, frekuensi pembicaraan, media komunikasi, dan situasi komunikasi. Hasil SEM menunjukkan ada pengaruh nyata antara pola komunikasi remaja dengan keluarga, sekolah, dan teman sebaya terhadap kecerdasan emosional. Pola komunikasi remaja dengan teman sebaya berkontribusi lebih besar terhadap kecerdasan emosional dibandingkan pola komunikasi remaja dengan keluarga atau sekolah. Penelitian ini juga menemukan bahwa durasi pembicaraan berkontribusi paling besar terhadap pola komunikasi remaja dengan teman sebaya.

Downloads

Published

2016-06-19

How to Cite

Firdanianty, N., Lubis, D. P., Puspitawati, H., & Susanto, D. (2016). POLA KOMUNIKASI REMAJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA DI KOTA BOGOR. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i1.34
Article Metrics: